Tips Agar Lebih Produktif Dalam Melakukan Work from Home Essential

08 Feb 2022. By Redpod Gifts

Adanya pandemi saat ini telah merubah pola kebiasaan dalam kegiatan sehari-hari. Tak luput juga menerpa dunia kerja apalagi di sektor esensial. Pekerjaan yang biasa dilakukan di kantor, kini beralih di rumah secara online. Agar tetap produktif dalam bekerja, berikut tips untuk melakukan Work from Home agar tetap optimal.

  1. Mempersiapkan ruang kerja agar tetap rapi

Secara umum Work from Home adalah melakukan kegiatan yang berkaitan dengan pekerjaan yang biasanya dilakukan di tempat kerja, namun dialihkan ke rumah pekerja masing-masing dan dilakukan secara online. Dengan demikian merubah rumah menjadi tempat kerja layaknya kantor.

Langkah pertama yang sangat penting dalam melakukan pekerjaan dari rumah dengan mempersiapkan ruang kerja serapi dan senyaman mungkin serta jauh dari kebisingan. Dengan mempersiapkan berbagai peralatan kerja seperti meja, kursi dan perlengkapan kantor pendukung lainnya. Dapat menciptakan suasana nyaman apabila ditata dengan rapi.

  1. Saling menjalin komunikasi dengan rekan kerja

Demi menjaga segala kelancaran dalam menjalankan Work from Home, ada baiknya tetap saling menjalin komunikasi dengan rekan atau partner kerja yang biasanya berjumpa di kantor. Dengan begitu akan lebih terjamin keharmonisan dalam pekerjaan dan menghindari dari kemungkinan stress akibat deadline kerja.

Sebagai contoh ketika mengalami kendala dalam pekerjaan ataupun keterlambatan dalam melaporkan tugas kerja, hanya rekan kerja kantor yang dapat membantu saat dalam kesusahan di dalam pekerjaan. Dengan berkomunikasi dengan kolega di tempat kerja akan terhindar dari hal yang membahayakan pada pekerjaan yang resmi dan penting. 

  1. Gunakan kuota data yang besar dan unlimited

Dalam pengertian work from home secara umum adalah melakukan pekerjaan di rumah. Dengan demikian semua pekerjaan yang memerlukan fasilitas kantor semua harus disediakan di rumah sebagai tempat kerja. Salah satu hal penting dalam melakukan kerja di rumah adalah kuota atau paket data.

Untuk menghemat anggaran pengeluaran, perlu adanya ketelitian dalam memilih dan menggunakan kuota data dari penyedia layanan internet. Memilih kuota data internet unlimited menjadi alternatif penting untuk melakukan kegiatan dari rumah secara daring. Memilih provider dengan sinyal jaringan terkuat akan membantu kelancaran pada setiap pekerjaan.

  1. Menghindari pekerjaan rumah tangga yang tak mendesak

Agar terhindar dari kelelahan dan menghindari tingkat depresi, ada baiknya untuk menghindari berbagai kegiatan rumah tangga di waktu menjalankan Work from Home Essential. Hal tersebut sangat perlu diperhatikan agar kegiatan antara rumah dan kantor tak saling bertabrakan.

Dengan mengatur waktu antara kegiatan rumah tangga dan kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan, akan membantu kelancaran kerja selama Work from Home. Selain itu komunikasi antar anggota keluarga juga diperlukan agar hubungan tetap harmonis.

  1. Ambil sejenak waktu beristirahat yang cukup

Dalam melakukan berbagai kegiatan Work from Home, tak baik jika melakukan pekerjaan secara terus menerus dan menguras tenaga. Hal tersebut selain berbahaya bagi kesehatan, juga akan mengganggu kelancaran dan performa kerja.

Ambillah waktu istirahat yang cukup meskipun hanya sebentar. Lakukan sedikit olahraga kecil dalam ruangan kerja. Selain melemaskan otot tubuh yang tegang, akan mengurangi tingkat stress dalam pekerjaan. Bagaimanapun menjaga kesehatan adalah hal utama dalam beraktivitas kerja.

  1. Tetap sesuaikan dengan jadwal kerja di tempat kerja

Salah satu langkah untuk memperoleh kelancaran dalam melakukan Work from Home adalah dengan menyesuaikan jadwal kerja di rumah dengan jadwal kerja yang biasanya dilakukan di tempat kerja.

Dengan mengatur waktu kerja yang disesuaikan dengan jadwal tempat kerja, akan lebih mudah membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga. Selain itu akan menjaga keharmonisan keluarga dengan saling mendukung segala yang dilakukan untuk kepentingan keluarga.


Kembali ke halaman info & artikel